THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 17 Juni 2011

Apa itu database dan MySQL

About MySQL:


MySQL adalah pangkalan data RDBMS (Relational Database Management System) yang akan menyimpan data-data sistem yang dibangunkan. Terdapat banyak pangkalan data RDMS lain yang ada dipasaran seperti Oracle, Informix, Sybase, DBase, MS SQL, MS Access dan banyak lagi.Pangkalan data tersebut kesemuanya perlu dibeli dengan kos yang tinggi.
Tetapi, MySQL tetap menjadi pilihan kerana ia adalah Sumber Terbuka (Open Source) yang boleh digunakan tanpa perlu membelinya. Dengan kata lain ianya PERCUMA!

Sejarah MySQL

  • MySQL AB bertanggungjawab membangunkan MySQL (1994-1995 )

  • MySQL AB adalah generasi kedua syarikat sumber terbuka

  • MySQL terus berkembang dengan berbagai – bagai versi pembaharuan

  • Antara aplikasi yang biasa digunakan dan disinambungkan bersama MySQL
  • SQL

  • Php

  • Apache

  • dll

  • Kelebihan MySQL
  • Mudah dikendalikan

  • Cepat, tidak membebankan sistem operasi

  • Aplikasinya mudah dikendalikan

  • Mengapa PHP & MySQL Menjadi Pilihan Syarikat Gergasi Dunia?
    Tahukah korang syarikat gergasi seperti Google dan Yahoo juga menggunakan PHP dan MySQL dalam sistem mereka? Di Malaysia pula, sejak kebelakangan ini semakin banyak jabatan kerajaan dan syarikat swasta memilih menggunakan PHP dan MySQL dalam pembangunan sistem dalaman (in-house system development) mereka.
    Sebenarnya anda tidak perlu mengambil masa bertahun-tahun untuk belajar bahasa skrip ini kerana ia amat mudah dipelajari. Sama ada korang seorang newbie atau profesional, hari ini anda perlu mengetahui serba sedikit lebih mendalam bagaimana PHP & MySQL ini berfungsi.
    Memandangkan penggunaan PHP dan MySQL semakin mendapat permintaan daripada syarikat dan jabatan kerajaan, maka korang mempunyai potensi besar untuk membangunkan sebuah sistem samada untuk organisasi luar atau untuk diri sendiri. Korang juga mungkin boleh jadi ‘freelancer’ nanti. Apatah lagi jika anda seorang ‘programmer’. Inilah peluang untuk anda memiliki satu lagi kemahiran yang hebat bagi menambah nilai skill untuk diri sendiri. Aku berani jamin korang pasti terpikat kalau dah mengenali dan mempelajari PHP dan MySQL ni.


    Fakta Menarik Tentang MySQL
  • Pangkalan data yang digunakan oleh syarikat gergasi dunia seperti Google, Yahoo, Youtube, Wikipedia.

  • 11 juta ‘active installation’.

  • 60,000 download copy sehari.

  • Sangat mudah digunakan: proses installation kurang dari 15 minit.

  • Pada tahun 2008, MySQL dibeli dengan harga USD 1 Bilion oleh Sun Microsystem daripada MySQL AB. Sumber: http://www.mysql.com/news-and-events/sun-to-acquire-mysql.html

  • Ia masih kekal sebagai Sumber Terbuka walaupun kini dimiliki oleh Sun Microsystems.
    Laman web MySQL: www.mysql.com

  • ===========================================================================
    About DataBase:
    Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Sebagai contoh sederhana dari database adalah buku telepon yang mungkin sering Anda lihat.
    Bagaimana halnya dengan database dengan sistem database dengan menggunakan komputer? Hal tersebut sama saja seperti database yang sifatnya manual (seperti contoh buku telepon di atas) hanya saja dengan adanya komputer maka informasi yang ada di dalam database akan sangat mudah untuk di-update dan sangat cepat untuk dicari. Software atau aplikasi yang bertugas untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data disebut dengan software database engine dan lebih resminya disebut dengan DBMS (Database Management System). Ada banyak sekali aplikasi DBMS ini mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe. Contoh-contoh dari aplikasi database engine misalnya seperti:
    SQL Server, dibuat oleh Microsoft.
    MS Access, dibuat oleh Microsoft.
    Oracle Database, dibuat oleh Oracle.
    MySQL, dibuat oleh MySQL AB.
    Firebird, dibuat oleh komunitas open source berdasarkan dari kode Interbase.
    PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source.
    DB2, dibuat oleh IBM.
    Masih banyak lagi sederet nama database engine yang ada di dunia ini. Anda bisa mencarinya dengan keyword ‘database engine’ atau ‘database server’.
    Jika Anda bertanya “Apa saja sih aplikasi yang bisa menggunakan database?”, wah jawabannya akan sangat banyak sekali, beberapa diantaranya adalah:
    Sistem perpustakaan yang berbasis komputer, pasti membutuhkan database yang besar untuk merawat data buku yang dimilikinya.
    Sistem ATM (Automatic Teller Machine), pasti membutuhkan database yang besar untuk mengambil dan meng-update data saldo uang misalnya.
    Sistem reservasi tiket pesawat, pasti membutuhkan database untuk menyimpan data reservasi tiket.
    Sistem inventory, pasti membutuhkan database untuk menyimpan data inventory termasuk updating data stok barang dan lain sebagainya.
    Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari aplikasi yang membutuhkan database karena pada kenyataannya semua kegiatan bisnis yang dikomputerisasikan pasti membutuhkan sistem database sebagai media penyimpanan. Database tersebut selain digunakan untuk menyimpan data transaksi juga akan digunakan untuk menampilkan laporan yang bisa digunakan pihak manajemen sebagai sumber untuk pengambilan keputusan. Untuk sistem database yang lebih canggih malah sudah terdapat fasilitas analisa data sehingga bisa memprediksi keadaan yang akan terjadi berdasarkan data yang sudah ada sebelumnya
    -
    Referensi : hairilhazlan.com & habeahan.wordpress.com

    0 komentar: